Sukses

Parenting

Mengenal Operasi Caesar Lebih Dekat

Ladies, apakah anda mengetahui tentang operasi Caesar dan prosedurnya? Berikut adalah ulasannya seperti dilansir oleh kidshealth.org.

Ladies, operasi Caesar atau dalam istilah kedokteran dinamakan C-section (Caesarean section) adalah prosedur bedah dimana dokter akan mengambil bayi dengan membedah perut dan rahim Ibu. Operasi ini biasanya dilakukan dengan alasan adanya masalah pada kandungan, Ibu, atau bayi sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan persalinan normal.

Kidshealth.org melansir bahwa operasi Caesar ini memiliki resiko yang lebih tinggi daripada persalinan normal. Selain itu, karena penyembuhan setelah operasi ini cukup lama, maka waktu yang dibutuhkan untuk perawatan pasca operasi lebih lama dari persalinan normal.

Ladies, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah bahwa hanya dokter spesialis kandungan saja yang boleh melakukan operasi Caesar. Bidan hanya diperbolehkan oleh membantu persalinan normal. Apabila pada saat dibawa ke bidan ternyata muncul beberapa masalah baik pada kandungan, anda, maupun bayi, mintalah untuk dirujuk ke rumah sakit terdekat. Ladies, berikut adalah prosedur operasi Caesar.

Ladies, sebelum persalinan akan disiapkan beberapa monitor untuk mengecek keadaan anda dan bayi. Selain itu, mulut dan hidung anda akan ditutup dengan masker oksigen. Dokter akan memasukkan tabung kecil ke dalam perut anda bagian bawah dimana rahim terletak. Jarum infus juga akan dimasukkan ke tubuh melalui tangan. Setelah itu dokter akan menyuntikkan obat bius melalui infus kemudian operasi Caesar akan dimulai.

Semoga anda dapat menjadi Ibu sepenuhnya dengan melahirkan secara normal ya, Ladies!

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading