Sukses

Parenting

Resiko Komplikasi Pasca Operasi Caesar

Ladies, tahukah anda apa saja resiko komplikasi pasca operasi Caesar? Berikut adalah ulasannya seperti dilansir oleh kidshealth.org.

Ladies, pada umumnya operasi Caesar aman untuk Ibu dan bayi. Namun beberapa komplikasi dapat muncul pasca operasi. Berikut adalah resikonya.

Yang pertama adalah meningkatnya pendarahan pasca operasi sehingga Ibu membutuhkan transfusi darah. Selain itu, resiko akan infeksi juga mungkin terjadi namun dokter akan memberikan antibiotik untuk mengatasi komplikasi ini, Ladies.

Resiko pasca operasi Caesar selanjutnya adalah luka pada tempat dimana dokter melakukan pembedahan. Namun hal ini jarang terjadi kecuali alat pembedahan memang tidak steril. Ladies, komplikasi lain adalah reaksi yang timbul dari obat-obatan yang digunakan pada saat operasi. Untuk menghindari hal ini, berkonsultasilah pada dokter apabila anda pernah memiliki alergi pada obat-obatan tertentu.

Lebih jauh kidshealth.org menambahkan bahwa walaupun bius lokal mengenai bayi, namun hal tersebut tidak akan membahayakan bayi. Selain itu, bayi yang dilahirkan melalui proses operasi Caesar terkadang memiliki masalah pernafasan karena bayi langsung merasakan perbedaan pada saat berada di dalam kandungan Ibu yang berisi air ketuban dan udara luar secara langsung.

Ladies, kidshealth.org menambahkan bahwa mengalami operasi Caesar pada kehamilan sebelumny akan mempengaruhi kehamilan selanjutnya. Apabila pada kehamilan sebelumnya anda mengalami operasi Caesar, maka besar kemungkinan dokter akan melakukan operasi Caesar kembali. Namun keputusan ini tentu saja didasarkan pada kondisi kandungan, anda, dan bayi menjelang persalinan.

Oleh: Nastiti Primadyastuti 

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading