Sukses

Parenting

Berapa Lama Untuk Dapat Kembali Berhubungan Intim Setelah Caesar?

Operasi caesar adalah operasi yang dilakukan apabila persalinan normal tidak memungkinkan untuk dilakukan karena posisi bayi yang tidak ideal. Ada banyak pertanyaan yang mucul terkait dengan operasi caesar, salah satunya adalah tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa kembali berhubungan intim pasca operasi caesar.

Persalinan normal membutuhkan waktu sekitar beberapa minggu untuk dapat kembali berhubungan intim. Karena bedah caesar termasuk cara yang tidak biasa, otomatis memerlukan waktu yang lebih lama untuk bisa kembali seperti normal. Jadi sebaiknya jangan terlalu memaksakan.

Dijelaskan dalam dailymail.co.uk, anda bisa mencoba dengan posisi yang paling nyaman terlebih dahulu. Mungkin masih akan terasa pegal, tapi itu wajar karena meskipun enam minggu adalah waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk kembali normal, butuh sampai 3 bulan untuk tubuh benar-benar merasa nyaman tanpa ada sakit dan pegal yang kembali. Usahakan untuk tidak ada terlalu banyak tekanan di daerah perut karena masih akan terasa perih. Alternatif oral sex juga bisa dilakukan seandainya anda menghindari rasa sakit.

Kalau anda memilih oral sex, hindari pasangan meniupkan udara ke dalam daerah kewanitaan. Karena bisa jadi berbahaya kalau sampai masuk ke aliran darah.

Coba diskusikan juga dengan dokter masalah kontrasepsi. Harus diingat masa subur anda akan kembali sekitar enam minggu atau bahkan lebih awal pasca operasi sebelum menstruasi pertama seandainya tidak ingin terlalu cepat hamil lagi pasca operasi.

Oleh: Muhammad Faris

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading