Sukses

Parenting

Penyakit Apa Sih Disleksia Itu?

Pernahkah Moms mendengar tentang disleksia yang bisa diderita anak-anak? Seberapa berbahayakah disleksia itu pada perkembangan dan kecerdasannya? Penasaran?

Seperti yang dijelaskan webmd.com, disleksia adalah sejenis gangguan belajar. Jadi, disleksia berbeda dengan suatu penyakit yang bisa disebabkan oleh bakteri, virus atau infeksi. Sebelum adanya diagnosa, banyak anak disleksia yang sulit dimengerti.

Disleksia ini tidak ada kaitannya dengan kecerdasan anak. Yang biasanya terlihat adalah ada mata pelajaran anak di sekolah yang tidak mendapatkan nilai bagus. Tapi bagus atau tidaknya nilai tidak bisa menjadi tolak ukur kecerdasannya kan Moms.

Anak yang menderita disleksia memiliki masalah dengan membaca dan pemahaman terhadap bahasa tulisan. Karena membaca menjadi salah satu elemen penting dalam pembelajaran, anak tersebut sulit menguasai kemampuan dasar yaitu membaca dan mempengaruhi nilainya.

Anak yang menderita disleksia juga memiliki masalah mencerna informasi yang disampaikan dalam bentuk tulisan. Kebanyakan dari mereka kesulitan mengucapkan suatu kata atau bunyi yang disusun dari beberapa huruf tertentu.

Yang harus dipahami adalah jika anak Anda menderita disleksia, dimulai dari kesulitan membaca, kemampuan menulis, mengeja, dan berbicara mereka juga ikut terganggu. Selain itu, ia juga akan mengalami kesulitan pada pelajaran matematika.

Para ahli baru-baru ini telah menemukan bahwa kasus disleksia ada kaitannya dengan genetika. Jadi, jika Anda atau suami Anda menderita disleksia, kemungkinan besar anak Anda juga bisa menderita disleksia.

Tapi jangan khawatir Moms, penderita disleksia tidak selalu tidak sukses lho. Albert Einsten, Tom Cruise, Thomas Alfa Edison, Muhammad Ali dan Deddy Corbuzier itu contoh orang sukses penderita disleksia.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading