Sukses

Parenting

Mengenal Gejala Lokia Pada Saat Nifas

Ladies, masa nifas biasanya dimulai setelah kelahiran dan berlangusng kira-kira selama enam minggu. Masa nifas adalah masa yang penting bagi pemulihan pasca persalinan. Maka dari itu Ladies, tidak perlu panik jika Anda berada pada masa-masa nifas karena itu juga penting untuk proses pemulihan Anda.

Namun pada saat nifas ada suatu gejala yang sering terjadi, yaitu lokia. Menurut surgerydoor.co.uk, Lokia adalah istilah medis yang digunakan untuk keputihan yang terjadi setelah melahirkan. Lokia biasanya mengandung darah, lendir, dan jaringan plasenta.

Pada saat melahirkan, ketika plasenta terpisah dari uterus, banyak pembuluh darah tetap terbuka di daerah di mana plasenta melekat di rahim. Pembuluh darah dalam rahim mulai terjadi pendarahan sehingga menyebabkan keluarnya darah melalui vagina. Darah ini disertai dengan jaringan yang mengelupas dari lapisan rahim.

Penampilan lokia sendiri selalu berbeda-beda sesuai tahapanya. Pada saat beberapa jam setelah melahirkan akan berwarna darah merah terang menyerupai perdarahan menstruasi berat. Umumnya, lokia akan terus berkurang setiap hari dan dapat menjadi berair dan berwarna merah muda dalam waktu seminggu

Pada saat sepuluh hari setelah melahirkan, jumlah lokia akan berkurang drastis dan penampilannya menjadi putih atau putih kekuningan karena adanya sel-sel darah putih dan sel-sel kulit rahim. Jumlah cairan vagina berangsur-angsur berkurang sebelum berakhir, yang mungkin memakan waktu hingga 4 minggu. Lokia memiliki bau yang mirip dengan darah menstruasi. Hal ini juga bisa disertai dengan gumpalan darah kecil.

Nah Ladies, andai saja Anda masih bingung pada saat menjalani masa-masa ini, ada baiknya Anda bertanya kepada dokter ataupun bidan. Memperbanyak istirahat juga mampu meredakan gejala lokia pada sat nifas agar Anda dapat selalu merawat buah hati Anda yang baru lahir.

Oleh: Luck Kresna Putra

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading