Sukses

Parenting

Water Birth, Solusi Mempermudah Persalinan

Ladies, konon katanya melahirkan itu sakit sekali bukan? Jangan berpikir seperti itu lagi ya. Seiring dengan perkembangan teknologi, melahirkan dalam air atau sering disebut Water Birth mulai populer dan banyak digandrungi oleh masyarakat saat ini.

Water Birth merupakan proses persalinan di bak yang berisi air hangat. Berdasarkan laporan Water Birth Internasional, metode ini membutuhkan bak khusus bersalin berisi air hangat yang bersuhu 95-100 derajat fahrenheit. Sebagian wanita saat ini lebih memilih untuk melakukan persalinan dengan metode ini dengan berbagai alasan, diantaranya:

1. Mereduksi Rasa Sakit
Water Birth telah terbukti sangat efektif mereduksi rasa sakit. Hal tersebut dikarenakan saat anda berendam dalam bak berisi air hangat, kulit akan memiliki elastisitas lebih besar, sehingga proses pembukaan jalan lahir akan berjalan lebih cepat memperkecil risiko robek pada jalan lahirnya balita.

2. Mengurangi Kecemasan
Berendam dalam air hangat mampu mengurangi hormon stres dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh kecemasaan.

3. Lebih relaks
Air hangat memberikan nuansa santai. Ibu muda akan merasakan lebih relaks karena otot-otot yang berkaitan dengan proses persalinan menjadi sangat elastis. Otot-otot yang elastis akan mempermudah proses mengejan, sehingga rasa nyeri selama persalinan tidak terlalu dirasakan.

Pada situs americanpregnancy.org menyebutkan bahwa Water Birth terbukti mengurangi stres saat persalinan dan mengurangi komplikasi janin. Dari beberapa keuntungan diatas, buat para Ibu-ibu hamil yang masih takut dan khawatir dengan persalinan bisa menggunakan metode ini sebagai alternatif persalinan.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading