Sukses

Parenting

Senam Yoga Untuk Ibu Hamil

Ladies, sebagian dari Anda mungkin sudah tahu bahwa senam yoga merupakan salah satu bentuk senam relaksasi. Namun, selain tujuan tersebut, laman babycentre.co.uk menyatakan bahwa paduan gerakan dalam senam yoga juga bertujuan untuk membantu melakukan meditasi dan pengaturan nafas.

Pasalnya kemudian, mengapa senam yoga penting untuk ibu hamil? Seperti yang Ladies ketahui, jika tiba saat melahirkan nantinya, Ladies harus kuat menarik, menahan dan melepas nafas berulang-ulang selama persalinan berlangsung.

Ladies juga tentu sangat maklum bahwa proses ini merupakan saat paling kritis dan penentu segalanya dalam proses kelahiran. Masalahnya, momen kritis ini tidak berlangsung dalam 1 - 2 menit kan Ladies? Karenanya, untuk memudahkan melewati proses persalinan yang bisa berjam-jam, wajar jika Ladies harus melatih otot rahim dan mengatur pernafasan.

Juga disebutkan dalam laman ibudananaksehat.blogspot.com, proses mengejan dalam persalinan amat sangat penting. Dengan nafas panjang yang teratur, Ladies bisa mengeluarkan bayi dengan lancar tanpa bayi harus terhenti di jalan lahir utamanya saat kepala bayi akan keluar karena ini merupakan momen paling sulit selama bersalin.

Oleh sebab itu, senam-hml.blogspot.com menganjurkan senam yoga untuk ibu hamil sebaiknya dilakukan pada saat kandungan berusia 20 - 22 minggu. Selain latihan otot kaki, gerakan melatih otot pinggul dan sistem pernafasan juga penting untuk dilatih. Dan, tentu saja Ladies, pastikan Anda dibimbing oleh instruktur ahli agar gerakan yang dilakukan tidak membahayakan janin.

So, melihat pentingnya senam yoga ini, siapkah Ladies mengikuti kelas yoga? Di samping persiapan persalinan, Ladies juga bisa menambah teman dan berbagi pengalaman serta cerita kehamilan. Alhasil, Ladies bakal merasa rileks dan tak cemas lagi saat masuk ruang bersalin.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading