Sukses

Parenting

Jenis Imunisasi Pemerintah dan Imunisasi Tambahan

Apa kabar Ladies? Kali ini kita akan berbagi pengetahuan mengenai jenis imunisasi bayi. Bagi Ladies yang baru saja punya momongan, jelas informasi ini sangat berguna ya. So, perhatikan baik-baik karena ada banyak jenis imunisasi.

Secara umum, imunisasi ada dua macam, yaitu yang disarankan dari pemerintah dan imunisasi tambahan. Imunisasi dari pemerintah ini biasanya dilakukan pada berbagai posyandu di daerah atau kantor kelurahan. Karena dianjurkan, biasanya biaya obat disubsidi dari pemerintah sehingga sangat murah.

Untuk jenisnya, situs imunisasi.net menjelaskan bahwa imunisasi yang disarankan pemerintah adalah BCG, Polio tetes, DPT, Hepatitis B, dan Campak. Semua jenis imunisasi tersebut diwajibkan pemerintah dengan harapan bayi-bayi yang dilahirkan tak mudah terserang penyakit.

Untuk imunisasi tambahan, kata 'tambahan' tersebut bukan berarti tidak penting ya Ladies! Sangat baik dan disarankan bagi Ladies yang punya si kecil untuk memberikan imunisasi ini meskipun tidak disubsidi oleh pemerintah. Laman parenting.co.id membuat daftar imunisasi tambahan tersebut sebagai Hib, PVC, Flu, MMR, Tifoid, dan Hepatitis A.

Tentunya, setiap jenis imun tersebut memiliki fungsinya sendiri. Imunisasi Hib, misalnya, melindungi si kecil dari virus Haemophilus yang menyebabkan flu tipe B. Nah, baru pada tahu kan kalau ada flu tipe B? Jenis flu ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan meningitis atau radang selaput otak dan pneumonia atau radang paru-paru.

Jadi, bisa dikatakan kalau semua jenis imunisasi, subsidi maupun non-subsidi pemerintah, sangat penting ya Ladies. Jangan sampai lewat imun buat si adik ya! Terima kasih, Moms.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading