Sukses

Parenting

Susu Formula dan Pola Tidur Bayi Menyusui

Salah satu mitos kesehatan tentang menyusui yang paling sering terdengar adalah bayi yang disusui dengan susu formula tidur lebih lelap dan tidak sering rewel. Namun, benarkah hal ini? Mari kita cari tahu sebenarnya ada hubungan apa antara bayi yang sedang menyusui dengan susu formula.

Menurut webmd.com, susu formula, seperti halnya air susu ibu, memiliki komposisi dan kandungan nutrisi yang telah disesuaikan untuk kebutuhan tubuh buah hati anda untuk nutrisi. Nah, lalu salah satu perbedaan antara susu formula dan air susu ibu adalah air susu ibu lebih mudah dicerna. Setelah buah hati anda tidur, biasanya kan anda akan melihat dia tertidur pulas, hal itu adalah karena pada saat tidur, buah hati anda akan mencerna air susu yang baru dia minum.

Karena susu formula perlu dicerna dalam waktu yang lebih lama, seringkali bayi yang disusui dengan susu formula akan tidur lebih lama. Seringkali orang tua akan menyangka bayi tidur lebih lelap padahal kenyataannya, mereka hanya tidur lebih lama. Selain itu, karena susu formula memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna, kandungan susu formula akan berada dalam tubuh bayi dalam waktu yang lebih lama dan berubah menjadi asam yang menyebabkan kotoran buah hati anda berbau tidak enak. Meski begitu, anda tidak perlu takut memberikan air susu formula pada buah hati anda bila memang anda tidak bisa memberikan air susu ibu secara langsung kok, Ladies.

Oleh: Mamor Adi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading