Sukses

Parenting

Bayi Tabung - Apa dan Kenapa

Ladies masih ingat kasus Inul Daratista yang melakukan proses bayi tabung? Berhasilnya proses tersebut menyebabkan bayi Inul adalah bayi yang mahal. Bayi tabung atau isitilah asingnya disebut in vitro fertilization (IVF) merupakan usaha pembuahan sel telur oleh sperma yang dilakukan di luar tubuh wanita dan pria. setelah embrio terbentuk barulah embrio tersebut dimasukkan ke uterus wanitanya.

Bedanya dengan inseminasi buatan nih Ladies, sperma disuntikkan pada uterus wanita sehinga proses pembuahannya masih terjadi pada tubuh si wanita. seperti yang dilansir dari webmd.com, dulu bayi tabung masih merupakan hal yang aneh dan bayi pertama hasil dari IVF adalah Louise Brown asal Inggris yang dilahirkan tahun 1978.

IVF ini merupakan prosedur yang rumit dan mahal. Hanya pasangan kaya yang memiliki masalah dengan fertilitas (kesuburan) saja yang melakukannya. Masalah apa saja sebenarnya yang menyebabkan sepasang manusia melakukan ini?

Bayi tabung disarankan jika Ladies atau pasangan Anda didiagnosa mengalami:
-endometriosis
-jumlah sperma rendah
-masalah pada uetrus atau tuba falopi
-masalah pada pembuahan
-antibodi yang mengancam sperma dan sel telur
-masalh ketidaksuburan seseorang yang sulit dijelaskan

IVF ini jelas bukan alternatif utama dan pertama yang ditawarkan tim medis. hal ini ditawarkan jika pemberian obat kesuburan, pembedahan, dan inseminasi buatan tidak membuahkan hasil.

Sebelum mengiyakan IVF ini hendaknya Ladies dan pasangan mengetahui semua prosedur, syarat, dan biayanya. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Asizah

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading