Sukses

Parenting

Tips Untuk Ibu Menyusui Part II

Bunda, masih ingat dengan tips-tips untuk ibu menyusui pada artikel sebelumnya? Pasti masih penasaran dong dengan kelanjutannya? Nah, artikel kita yang satu ini masih akan membahas tips menyusui untuk Bunda nih. Check this out!

Berdasarkan saran dari situs mayoclinic.com, ibu yang sedang menyusui tidak boleh merasa dehidrasi. Bunda harus sering minum, bahkan sebelum merasa haus. Apalagi jika urin sudah berubah menjadi kuning, maka Bunda harus minum lebih banyak.

Bunda juga harus waspada dengan jus atau minuman manis. Saat menyusui, Bunda biasanya dalam program pengembalian berat badan. Jika banyak mengonsumsi gula, usaha ini akan menjadi sia-sia.

Bunda juga harus membatasi konsumsi kafein. Dalam sehari, Bunda hanya bisa mengonsumsi sekitar 2 sampai 3 cangkir kopi karena jika lebih kafein dalam ASI Anda akan membuat bayi Anda susah tidur.

Selain itu, mengonsumsi alkohol saat menyusui juga tidak baik. Jika Anda sudah terlanjur meminum minuman yang mengandung alkohol, jangan susui bayi Anda sampai kandungan alkohol benar-benar telah dinetralkan oleh tubuh, yaitu selama 2-3 jam setelah minum.

Bunda juga harus waspada dengan seafood yang mungkin mengandung merkuri. Pilih seafood rendah merkuri seperti udang, salmon, tuna kaleng atau lele. Sedangkan hiu, ikan makarel, dan ikan todak haruslah dihindari.

Ikan air tawar juga tidak terlalu baik jika dikonsumsi terlalu banyak oleh ibu menyusui. Ibu menyusui hanya diperbolehkan mengonsumsi 170 gr ikan air tawar dalam seminggu.

Bunda, selain tips-tips di atas masih ada beberapa tips lain lho. Penasaran? Simak kelanjutannya di artikel berikutnya, ya!

Oleh: Kustin Ayuwuragil D.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading