Sukses

Parenting

Mengatasi Rasa Sakit Saat Persalinan

Ada banyak jenis rasa sakit yang akan anda rasakan ketika persalinan. Pilihan anda untuk menghilangkan rasa sakit saat persalinan mungkin akan dipengaruhi beberapa faktor, seperti tahapan persalinan yang sedang anda alami, jenis penghilang rasa sakit apa yang anda inginkan, kesehatan anda, dan keadaan bayi anda yang belum lahir.

Salah satu obat penenang terbaik selama persalinan adalah persiapan psikologis yang baik dari ibu. Jika anda takut akan persalinan dan takut dengan sesuatu yang tidak diketahui, mungkin anda membutuhkan penghilang rasa sakit. Jika anda tidak merasakan takut, percaya pada diri sendiri penyedia layanan kesehatan, anda mungkin tidak memerlukan penghilang rasa sakit.

Melahirkan adalah kejadian dalam kehidupan yang natural, dan ada bnyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rasa sakit saat melahirkan tanpa menggunakan obat-obatan. Berikut cara non medis yang bisa anda lakukan, dirangkum aboutkidshealth.ca:

1.    Cobalah untuk relaks
2.    Bersuaralah, seperti bernyanyi, bedengung, dan rintihan bila menganggapnya perlu
3.    Manfaatkan gravitasi untuk membantu mendorong bayi. Cobalah berdiri dan bersandar pada pasangan anda, duduk dan bersandar di kursi, lakukan posisi seperti sapi atau posisi merangkak, berjalanlah secara perlahan, atau bersantailah di kamar mandi.
4.    Cobalah berjalan diantara kontraksi
5.    Jagalah ganggul agar tetap bergerak, seperti menari
6.    Lakukan terapi, seperti berendam di bak mandi
7.    Pasangan atau teman anda dapat memberikan pijatan kecil
8.    Sering buang air kecil
9.    Mengalihkan perhatian dengan musik, televisi, atau meditasi

Handayani Rahayuningsih

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading