Sukses

Parenting

Alasan Aborsi Dianggap Legal

Hampir semua masyarakat tidak setuju dengan praktek aborsi. Namun, ada beberapa masyarakat yang menyetujuinya asalkan dengan alasan yang kuat. Laman bbc.co.uk pernah melansir beberapa alasan dimana seseorang diperbolehkan melakukan aborsi.

Yang pertama adalah aborsi demi kesehatan Ibu. Beberapa pihak menyatakan aborsi dianggap legal jika kehamilan yang akan dijalani Ibu mengancam kesehatan dan nyawanya. Termasuk didalamnya kesehatan mental.

Yang kedua adalah aborsi dimana kehamilan adalah hasil kejahatan seperti kejahatan seperti pemerkosaan, inses, atau pelecehan anak. Aborsi karena alasan ini dianggap legal oleh sebagian masyarakat karena dikhawatirkan kesehatan mental wanita yang menjadi korban kejahatan menjadi memburuk jika kehamilan tetap dipertahankan.

Yang ketiga adalah aborsi dimana bayi yang dikandung akan memiliki kualitas hidup yang buruk, seperti cacat fisik yang serius, masalah genetik, atau cacat mental. Masyarakat yang pro dengan aborsi dengan alasan ini beranggapan bahwa jika tidak dilakukan aborsi maka anak yang dilahirkan akan mempunyai masa depan yang menyedihkan.

Yang terakhir adalah aborsi untuk alasan sosial. Contohnya adalah alasan kemiskinan, terlalu banyak anak, atau Ibu terlalu muda untuk mengurus anak. Aborsi ini dilakukan dengan alasan untuk menyelamatkan kondisi keluarga dan Ibu yang mengandung.

Itulah alasan-alasan yang membuat beberapa masyarakat menyetujui aborsi. Namun, aborsi ini masih dalam perdebatan panjang karena bertentangan dengan etika dan hak hidup bayi yang dikandung.

Oleh: Ratna K. Dewi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading