Sukses

Parenting

Gimana ya Caranya Batasi Anak Nonton TV?

Saat anak mulai masuk sekolah pertamanya misalnya TK, sebaiknya Ibu mulai membiasakannya untuk mengurangi jam menonton tv. Karena kalau kebanyakan nonton tv, jam belajar anak bisa lebih berkurang atau malah malas belajar dan lebih mementingkan nonton tv.

Lalu bagaimana caranya membiasakan dalam membatasi jam waktu nonton tv dan agar ia tidak rewel saat Ibu melakukannya? Mayoclinic.com memberikan beberapa tips yang bisa Ibu lakukan, antara lain:

1. Jangan meletakkan tv pada kamar tidurnya. Anak yang memiliki tv pada kamar tidurnya cenderung menonton tv lebih sering daripada yang tv-nya ada di ruang keluarga. Selain itu, Ibu juga sebaiknya mengetahui jam nonton tvnya dan apa yang sedang ia tonton pada waktu itu.

2. Jangan makan di depan tv. Jangan ijinkan anak Anda makan sambil menonton tv, karena kebiasaan ini bisa membuatnya terbiasa nyemil terus-terusan dan ujung-ujungnya berat badannya bisa cepat bertambah.

3. Buat aturan jam menonton tv terutama pada hari-hari sekolah, misalnya maksimal 1,5 jam pada sore hari. Hindari juga memberikan ijin untuk menonton tv sebagai reward setelah ia selesai mengerjakan tugas atau pekerjaan rumahnya.

4. Beritahu anggota keluarga lainnya untuk membantu Anda dalam membatasi waktu menonton tv anak Anda, begitu juga dengan mereka dan Anda agar anak tidak ikutan menonton saat tv menyala.

5. Lebih aman lagi jika Anda mencabut kabel tv selama anak Anda sedang belajar.

Berlakukan kebiasaan ini pelan-pelan dulu, nanti lama-lama juga akan terbiasa.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading