Sukses

Parenting

Cikal Bakal Organ Tubuh Janin Mulai Nampak Sekarang

Ladies, di minggu keenam ini, embrio masih tumbuh dengan pesat. Dia sekarang memiliki ukuran panjang dan besar kurang dari 1 sentimeter. Dijelaskan oleh babycenter.com, pada masa ini embrio berbentuk seperti kecebong.

Apabila Anda bisa melihat si kecil sekarang, Anda akan mengetahui bahwa ukuran kepala embrio lebih besar daripada bagian tubuh sepenuhnya. Di bagian kepala akan ada dua titik hitam, yaitu kap untuk mata dan kap untuk lubang hidung.

Pada minggu ini, embrio Anda mulai mengembangkan mata, hidung, mulut, dan telinga yang siap untuk Anda ciumi nanti setelah dia lahir. Embrio Anda memiliki dua buah kap pada bagian kening. Kedua kap itu nantinya berkembang menjadi sepasang bola mata. Dalam beberapa minggu, sel dan jaringan pada kap tersebut akan membentuk lensa dan kornea.

Selain itu, terdapat dua cekungan pada sisi samping kepala bayi Anda yang merupakan cikal bakal telinga. Dalam beberapa minggu, fungsi utama telinga si bayi akan tumbuh dengan sempurna.

Tidak hanya itu Ladies, pada minggu ini, embrio Anda juga sudah mulai mengembangkan tangan dan kaki. Kedua tangan dan kaki terlihat kecil seperti benjolan pada tubuh mereka.

Bagaimana dengan jantungnya? Jantung si kecil berdetak sebanyak 100 hingga 160 kali---dua kali lebih cepat dibandingkan jantung Anda. Jantungnya juga sudah bisa memompa darah ke sekujur tubuh. Sekedar informasi untuk Anda.

Lalu, jaringan pembentuk paru-paru mulai muncul dan akan segera berkembang, sedangkan jaringan usus sedang berkembang. Begitu pula dengan kelenjar pituirari, otak, otot, dan tulang.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading