Sukses

Parenting

Sekarang Embrio Sudah Jadi Janin, Moms

Ladies, minggu kesembilan adalah bulan terakhir di trimester pertama. Pada minggu ini, makhluk kecil di rahim Anda tidak lagi dipanggil embrio, namun janin. Secara harfiah, janin berarti “si kecil”. Ya, karena dia sekarang berukuran sekecil buah anggur.

Menurut babycenter.com, janin Anda sekarang sudah terlihat seperti manusia. O iya, janin Anda mulai minggu lalu sudah gemar berputar-putar, hanya saja Anda tidak bisa merasakannya karena masih terlalu kecil.

Jantungnya sedang membangun bilik ketiga dan keempat serta katup-katup pada keempat bilik. Selain katup jantung, yang sedang tumbuh adalah gigi. Bukan gigi susu, Ladies, melainkan jaringan calon gigi.

Masih ingat “ekor” yang dua minggu lalu membuat janin Anda mirip kecebong? Nah, ekor itu telah hilang sepenuhnya karena bertransformasi menjadi tulang ekor.

Selanjutnya, otot tubuh, organ dalam, dan syaraf mulai berfungsi. Demikian pula organ kelamin si kecil. Namun, Anda belum bisa mengetahui apakah dia lelaki atau perempuan, karena yang berkembang masih bagian luar saja, Ladies.

Kedua bola mata mulai terbentuk di bawah kelopak mata yang benar-benar terutup hingga si janin berusia 27 minggu. Janin Anda memiliki dua telinga kecil, sebuah mulut mungil, serta hidung dan lubang hidung yang mulai terbentuk lebih jelas.

Kemudian, plasenta janin Anda juga sudah berkembang dengan pesat. Pada saat ini, plasenta sudah siap untuk memproduksi hormone janin Anda.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading