Sukses

Parenting

Pijat di Perut Bisa Menggeser Kontrasepsi Spiral?

Ladies, beberapa dari Anda mungkin sedang merencanakan KB dengan memasang kontrasepsi spiral. Namun, bagaimana jika seorang teman mengajak Anda pijat?

“Enggak ah, kalau perutnya dipijat nanti spiralnya geser.”

Jangan takut, Ladies. Anggapan bahwa KB spiral geser karena pijat hanyalah mitos belaka. Menurut dr M Nurhadi Rahman, SpOG dari RS Dr Sardjito Yogyakarta yang dilansir oleh health.detik.com, pijat di perut tidaka akan menimbulkan translokasi, atau gesernya kontrasepsi spiral. Bila posisi IUD (Intra Uterine Device) atau kontrasepsi spiral ini benar dan dipasang dengan tepat, maka kemungkinan pergeseran IUD akan sangat kecil terjadi, apalagi hanya dikarenakan oleh pijat.

Kalau begitu, hal apa sebenarnya yang bisa mempengaruhi letak IUD dalam rahim?

Berkaitan dengan hal itu, sehatnews.com memberitahu kia bahwa ada dua hal yang bisa mempengaruhi posisi IUD di dalam rahim. Yang pertama adalah pemasangan IUD yang tidak tepat, dan yang kedua adalah aktivitas fisik yang berlebihan. Contohnya, bermain hulahop, lari, dan sit up yang berlebihan.

Namun, jika Anda sudah terlanjur mengalami translokasi IUD karena satu dan lain hal, memang tidak disarankan untuk pijat perut. Ketika IUD mengalami pergeseran di dalam rahim, maka disinilah pijat dikhawatirkan bisa memperparah translkasi IUD yang sudah terjadi.

Jadi Ladies, meskipun pasang spiral, jangan takut pijat jika badan sudah lelah, ya! Bila perlu, periksalah USG untuk mengecek kondisi IUD Anda.

Oleh: Adienda Dewi S.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading