Sukses

Parenting

Waspada Konstipasi di Minggu Ke-16 Kehamilan Anda

Bunda sekalian, bagaimana trimester pertama Anda? Apakah semuanya berjalan baik-baik saja? Apabila semuanya berjalan dengan baik pada trimester pertama Anda, Bunda tetap patut waspada akan serangan konstipasi yang kerap menganggu di usia kehamilan 16 minggu atau tepatnya pada trimester kedua Anda.

Seperti yang dilansir dari situs parents.com, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan Bunda, hormon progesterone mengendurkan otot-otot dalam tubuh Bunda. Termasuk salah satunya otot sistem perncernaan, gastroinstinental, sehingga memperlambat pencernaan yang dilakukan oleh sistem pencernaan tubuh Anda.

Pencernaan yang semakin lambat juga menyebabkan perut Bunda memproduksi banyak gas sehingga Bunda akan mengalami perut kembung hingga konstipasi. Konstipasi memang menjadi salah satu gangguan kesehatan yang paling sering dialami oleh ibu hamil di minggu ke-16 kehamilan mereka.

Untuk mengatasi masalah konstipasi ini, Bunda sebaiknya jangan langsung meminum obat-obatan untuk konstipasi yang tidak baik diminum oleh ibu hamil. Sebaiknya Bunda mengonsumsi banyak makanan berserat dan minum air putih yang cukup untuk mengatasi masalah konstipasi yang mengganggu ini.

Oleh: Lies Nureni

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading