Sukses

Parenting

Kram Perut Pasca Proses Melahirkan Normal

Bermasalah dengan perut kram itu mungkin saja hal lumrah yang menemani Bunda selama kurang lebih sembilan bulan. Tapi apakah Bunda masih sering mengalami hal tersebut pasca proses melahirkan normal?

Jangan khawatir Bunda, beberapa menit pasca proses melahirkan normal, Bunda akan mengalami hal serupa seperti saat hamil yaitu perut kram.

Seperti yang dilansir dari laman babycentre.co.uk, rahim bertambah besar 25 kali lipat dibandingkan saat Bunda belum hamil. Selama proses persalinan, rahim berkontraksi semaksimal mungkin untuk mengeluarkan bayi yang ada pada perut Bunda.

Nah, setelah proses melahirkan selesai, rahim akan menyusut dan kembali pada ukuran awal sehingga ini menyebabkan perut Bunda sedikit kram.

Kram ini mungkin sama hal nya ketika Bunda akan mendapatkan menstruasi. Terkadang rasa ini memang sedikit mengganggu. Jika sebelum menstruasi kram perut bisa saja berlangsung selama beberapa hari saja, namun pasca melahirkan hal ini akan berlangsung selama berminggu- minggu.

Kram akan menyertai masa nifas juga lho Bunda, yaitu meleburnya sel-sel dinding rahim atau disebut lokia, kira- kira masa ini berlangsung selama 5-6 minggu.

Tapi Bunda, umumnya dokter atau bidan Bunda akan memeriksa rahim bunda pasca melahirkan. Hal ini dilakukan untuk mencegah infeksi yang mungkin saja menyerang Bunda. Jika bunda merasa nyeri saat pemeriksaan, segera beritahu dokter atau bidan Bunda ya.

Oleh: Susvia Cahyaning

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading