Sukses

Parenting

Pasca Operasi Caesar, Kok Masih Besar?

Anda masih merasa seperti hamil pasca operasi caesar? Mungkin Anda terkejur melihat perut Anda yang masih tidak berubah setelah melahirkan. Anda masih memiliki perut yang besar, bundar, dan terlihat seperti hamil 6 bulan sekalipun sebenarnya bayi dalam perut Anda sudah keluar.

Dilansir dari babycenter.com, banyak ibu yang setelah melahirkan dikeluhkan oleh garis-garis gelap yang muncul di bagian perut, yang disebut dengan linea nigra. Garis-garis tersebut disebabkan oleh bekas yang ditimbulkan dari pelebaran kulit yang terjadi pada masa kehamilan dan juga bekas luka operasi.

Bunda, jangan pernah berharap cara instan untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula. Tubuh, terutama perut Anda sangatlah memerlukan waktu apalagi setelah operasi. Semenjak bayi Anda lahir, perubahan hormon menyebabkan rahim berkontraksi. Rahim akan mengecil kembali seperti bentuknya semula setelah 6 hingga 8 minggu setelah Anda melahirkan.

Sel-sel yang ada di dalam tubuh Anda yang pada masa kehamilan mengembang dan bertambah mulai mengeluarkan cairan-cairannya dalam bentuk air seni, sekresi vagina, dan juga keringat. Lemak berlebih yang terpakai untuk memberi nutrisi kepada bayi selama kehamilan juga mulai terbakar jika Anda rajin menyusui dan berolahraga.

Namun, garis-garis (linea nigra) masih betah bertahan di bagian perut Anda dalam waktu yang lama. Tapi jangan khawatir, Bunda, garis tersebut biasanya akan perlahan menghilang setelah 6 hingga 12 bulan setelah Anda melahirkan. Pigmennya akan memudar dan biasanya warnanya akan lebih terang dibanding warna kulit di sekitarnya.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading