Sukses

Parenting

Apa Komplikasi yang Mungkin Terjadi Setelah Diberi Imunisasi BCG? (I)

Komplikasi adalah penyakit yang baru timbul kemudian sebagai tambahan penyakit yang sudah ada. Nah, imunisasi BCG ini ternyata dapat menyebabkan komplikasi lho Bunda apabila diberikan pada anak, tapi kemungkinannya kecil sekali. Alangkah baiknya jika Bunda perlu tahu informasi ini.

Seperti dilansir dari cdc.gov, komplikasi yang paling serius yang bisa diakibatkan oleh imunisasi BCG adalah disseminated BCG infection. Penyakit ini dapat muncul 2 bulan sampai 4 tahun setelah anak diberi vaksin BCG.

Risiko terkena penyakit ini sangat kecil Bunda, tergantung dari negara tersebut. Risiko paling kecil adalah di Jepang. Risiko anak mengalami penyakit ini adalah 0,01 kasus per 1 juta vaksin.

Sedangkan risiko paling besar adalah di Finlandia. Risiko anak mengalami penyakit ini adalah 43,4 kasus per 1 juta vaksin.

Penyakit ini bisa disebabkan perubahan turunan bakteri yang ada di dalam vaksin BCG, bisa juga disebabkan perubahan prosedur produksi vaksin BCG tersebut.

Penyakit ini dapat dirawat menggunakan perawatan anti-tuberkulosis. Terkadang, operasi juga diperlukan Bunda, tergantung seberapa serius penyakitnya.

Penyakit disseminated BCG infection yang fatal, risiko terjadinya berdasarkan data adalah 0,06-1,56 kasus per 1 juta vaksin. Penyakit disseminated BCG infection yang fatal ini dapat menyebabkan kematian Bun.

Seperti disinggung di atas, perawatan atas penyakit ini adalah dengan menggunakan perawatan anti-tuberkulosis atau terapi anti-tuberkulosis. Yang perlu diperhatikan nih, jangan gunakan antibiotik yang mengandung pyrazinamide untuk merawat penyakit ini, karena BCG akan melawan antibiotik tersebut.

Masih ada lagi Bunda komplikasi-komplikasi yang lain yang dapat disebabkan imunisasi BCG ini. Simak di artikel berikutnya ya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading