Sukses

Parenting

Informasi Lengkap Tentang Imunisasi HPV (I)

HPV adalah singkatan dari human papilovirus, sebuah penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Penyakit ini dapat dicegah menggunakan vaksin HPV. Berikut ini informasi lengkap tentang imunisasi HPV:

- Apa penyakit HPV itu?

Seperti dilansir dari laman cdc.gov, penyakit HPV adalah penyakit yang menyebabkan gangguan pada alat kelamin, baik itu laki-laki maupun perempuan. Sesuai namanya, penyebab penyakit ini adalah virus.

HPV ini jenisnya ada lebih dari 40 macam Ladies. Selain ditularkan melalui hubungan seksual, HPV ini juga dapat menginfeksi mulut dan tenggorokan.

HPV ini berbeda dengan herpes dan juga HIV. Sama-sama bisa ditularkan melalui hubungan seksual, tapi gangguan kesehatan dan efek yang ditimbulkan sangat berbeda.

Penyakit HPV ini kadang bisa pergi sendiri sebelum menjadi parah. Penyakit HPV ini juga kadang bisa muncul tiba-tiba, misalnya muncul pada orang yang melakukan hubungan seksual beberapa tahun yang lalu.

Terkadang muncul kutil di sekitar kelamin dan juga di sekitar mulut orang yang terinfeksi HPV. Studi juga mengatakan bahwa penyakit HPV ini erat kaitannya dengan kanker yang dialami laki-laki dan perempuan, misalnya kanker serviks, vulva, vagina, penis, anus, dan orofaringeal.

- Apa vaksin yang digunakan untuk mencegahnya?

Seperti dilansir dari children.webmd.com, vaksin yang digunakan adalah vaksin HPV. Vaksin HPV mengandung komponen virus yang dinonaktifkan, dan dapat mencegah empat jenis HPV yang paling sering ditemui.

Masih ada informasi lain tentang imunisasi HPV ini, simak terus ya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Imunisasi adalah proses pembentukan sistem imun tubuh, agar kebal terhadap penyakit tertentu.

    Imunisasi

What's On Fimela
Loading