Sukses

Parenting

Mengatasi Si Kecil yang Pemalu Saat Pertama Kali Memasuki Pendidikan Luar Sekolah

Jadi buah hati Bunda salah satu anak yang pemalu? Jika demikian, Bunda mungkin akan merasa khawatir dengan kehidupan sosialnya. Apalagi jika pendidikan luar sekolah ini merupakan interaksi pertama si kecil dengan teman-teman sebayanya.

Jika Bunda menghadapi situasi seperti ini, Bunda tak perlu terlalu khawatir. Bunda hanya perlu meyakinkan buah hati untuk tetap percaya diri untuk berteman. Ceritakan padanya bahwa sangat wajar apabila ia merasakan nervous, namun rasa nervous tersebut tak boleh mengalahkannya untuk berteman.

Jika Bunda merasa buah hati Bunda termasuk salah satu anak yang sulit untuk berteman, Bunda bisa mengajarinya untuk bersosialisasi dengan tetangga sekitar. Bunda bisa mengajaknya berjalan-jalan di sore hari, dan mulai berkenalan dengan teman sebayanya yang berada disekitar rumah.

Jika ia masih malu untuk berkenalan dengan teman sebaya yang add di sekitar rumah, Bunda bisa menemaninya. Dengan menemaninya Bunda bisa membuat rasa percaya dirinya semakin meningkat.

Selain itu, menurut laman babycentre.co.uk, Bunda bisa menemani si kecil saat hari-hari pertama masuk sekolah. Walaupun mungkin ia mulai paham untuk berkawan, di hari-hari pertama masuk sekolah, sangat baik bagi si kecil jika ia Ibunya datang ke sekolahnya untuk melihatnya.

Bunda mungkin akan khawatir dengan kehidupan sosial si kecil. Namun, satu hal yang harus Bunda ketahui bahwa Bunda harus tetap memberikan ruang bagi si kecil utnuk mengeksplorasi kehidupan sosialnya sendiri.

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading