Sukses

Parenting

Sebelum dan Sesudah Inisiasi Menyusui Dini, Hindari Ini!

Inisiasi menyusui dini adalah proses dimana bayi pertama kali menyusu pada ibunya. Proses ini sangat baik untuk dilakukan setiap ibu dan bayi pasca melahirkan karena sudah teruji manfaat dan kegunaannya. Sebelum melakukan inisiasi menyusui dini, ada baiknya makanan yang dikonsumsi mengandung zat yang baik untuk kesehatan dan produksi air susu.

Begitu banyaknya makanan instan atau bahkan sayur dan buah di pasaran mempunyai kemungkinan membahayakan bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Hal ini karena zat-zat kimia yang terkandung di dalam makanan tersebut seperti pestisida, insektisida, dan zat kimia lain seperti pengawet dan pewarna dapat berpengaruh pada air susu ibu.

Dilansir dari babycenter.com, walaupun penelitian tentang pengaruh zat makanan selalu diteliti dari hari ke hari, tetap saja zat kimia berdampak pada kesehatan jangka panjang bayi. Berikut ini beberapa tips untuk membatasi diri dengan zat kimia tersebut:

• Konsumsi makanan dengan variasi. Jika Anda memakan makanan dalam jumlah yang banyak yang mengandung pestisida yang tinggi, maka tubuh dan air susu akan lebih cepat terpengaruh dengan zat tersebut. Lebih baik mengonsumsi makanan yang bermacam-macam agar terhindar dari zat kimia yang ganas.

• Mengetahui buah dan sayur yang terkonstaminasi akan pestisida. Anda dapat memilih sayur dan buah organik di pasar. Ingat untuk selalu mencuci buah dan sayur dengan baik, atau jika tidak, langsung saja dikupas tanpa harus memakan kulitnya.

• Pilihlah makanan yang sedang musim di daerah Anda sendiri agar terhindar dari bahan kimia.

• Konsumsi daging yang tidak berlemak, buang kulitnya dan lemak yang tersisa sebelum dimasak. Zat kimia sangat menempel pada lemak.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading