Sukses

Parenting

Menyusui Setelah Inisiasi Menyusui Dini, Apa yang Diperlukan?

Inisiasi menyusui dini merupakan langkah pertama dalam bagian proses menyusui yang panjang. Persiapan yang baik seharusnya sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum proses melahirkan. Fisik, mental, maupun keperluan yang berhubungan dengan proses menyusui haruslah sudah disiapkan agar menyusui berjalan dengan lancar.

Banyak ibu hamil yang tidak tahu bahwa demi kelancaran proses menyusui, maka diperlukan barang-barang khusus sampai dengan bra khusus. Berikut ini adalah barang-barang khusus menyusui yang penting untuk dimiliki oleh ibu menyusui dilansir dari babycenter.com:

• Bra
Bra yang digunakan menyusui berbeda dengan bra yang dipakai oleh kebanyakan wanita sehari-harinya. Bra khusus ibu menyusui ini biasanya nyaman untuk digunakan karena memberikan topangan yang pas pada payudara. Biasanya bra ini dapat dengan mudah dibuka jika ingin menyusui

Yang perlu diperhatikan adalah bra khusus menyusui ini lebih baik dibeli ketika mendekati minggu-minggu kelahiran. Hal ini karena ukuran payudara bisa saja membesar setelah melahirkan dan menyusui. Bahkan bisa lebih membesar dua ukuran dari sebelumnya.

• Pakaian
Pakaian ini mempunyai penutup dan pembuka yang dapat mempermudah ibu untuk menyusui.

• Bantal
Bantal ini diproduksi dan dibuat khusus untuk menyangga bayi ketika sedang menyusu. Bantal ini mencegah tegangnya leher ataupun bahu ibu selama menyusui. Bantal khusus ini lebih nyaman digunakan untuk menjaga posisi bayi dibandingkan dengan bantal biasa.

• Pad untuk payudara
Pad atau alas untuk payudara sangatlah penting dimiliki karena normalnya air susu akan keluar dengan sendirinya ketika proses menyusui berlangsung. Pad ini berfungsi untuk menjaga pakaian ibu agar tetap kering.

• Pompa payudara
Walaupun tidak ada rencana untuk memompa secara rutin, pompa payudara dapat digunakan untuk meredakan pembengkakan.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading