Sukses

Parenting

Inisiasi Menyusui Dini: ASI Pertama

Sesaat setelah proses persalinan dilakukan, bayi sudah dibersihkan dan ibu sudah dalam keadaan baik, inisiasi menyusui dini pun sudah dapat dilakukan.

Inisiasi menyusui dini adalah suatu proses bayi menyusu pada ibunya dengan mencari puting susu ibunya sendiri tanpa paksaan. Proses ini sangatlah penting untuk kelangsungan proses menyusui setelahnya.

Mungkin Anda banyak yang sudah mengetahui bahwa bayi yang menyusu pada ibunya di awal kelahirannya sebenarnya tujuan utamanya bukan hanya memberi air susu ibu kepada bayi, tetapi juga merangsang pergerakan dan segala indera yang ada pada bayi.

Menurut laman babyworld.co.uk, mungkin tidak akan ada perubahan yang signifikan terhadap payudara di awal kelahiran. Hal ini disebabkan karena jumlah kolostrum dan air susu yang ada masih terbatas. Kolostrum adalah zat yang terkandung di dalam air susu ibu yang kaya akan antibody, protein, vitamin, dan anti-virus.

Namun jangan pernah berpikir bahwa itu berarti air susu yang Anda produksi sedikit dan pada akhirnya mengganti air susu ibu dengan air susu kalengan. Anda tetap harus membiarkan bayi untuk mengisap-isap puting Anda sesuka hatinya.

Isapan bayi pada puting susu akan merangsang sistem yang ada pada tubuh Anda untuk memproduksi air susu lebih banyak lagi. Terlebih lagi, seringnya bayi mengisap puting akan mencegah pembengkakan pada payudara ketika air susu benar-benar keluar.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading