Sukses

Parenting

Jamu untuk Menyembuhkan Anak Sakit Perut

Bunda, sakit perut bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Dewasa, lansia bahkan anak-anak pun bisa terserang sakit perut. Pada kebanyakan kasus, sakit perut pada anak merupakan sakit perut ringan, dan biasanya anak sakit perut disebabkan karena infeksi virus atau bakteri pada saluran pencernaan.

Perlu Anda ketahui, seperti dijelaskan pada situs kidshealth.org, secara medis sakit perut timbul karena tergangguanya fungsi alat-alat cerna seperti lambung, usus, hati dan juga pankreas. Perangkat cerna itulah yang mempunyai tugas penting, tidak hanya mengolah makanan tetapi juga menyerap sarinya untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Bila anak Anda mengeluhkan sakit perut, sebagai orang tua Anda harus sesegera mungkin memberikan obat supaya sakit perut tersebut tidak pertambah parah. Tapi, alangkah baiknya jika untuk mengobati sakit perut pada anak, Bunda memberikan ramuan herbal yang diramu sendiri, selain terbuat dari bahan alami yang aman untuk tubuh, ramuan herbal juga tidak berefek samping.

Nah, berikut ini ada tips membuat jamu untuk menyembuhkan sakit perut pada anak seperti dijelaskan oleh Soeparto dalam Jamu Jawa Asli, di antaranya:

Bahan:

- Daun jambu biji, lima sampai tujuh helai.

- Arang jati, sebesar ibu jari lima biji.

- Adas, sedikit saja.

- Air 250ml.

- Madu.

Cara membuat:

Campur daun jambu, arang jati dan adas lalu tumbuk menjadi satu, setelah agak halus tambah air matang 250ml, kemudian peras dan saring, hasil perasan itulah yang diminum.

Cara pemakaian:

Untuk anak-anak yang terkena sakit perut, ramuan tersebut diminum dua kali sehari setengah cangkir.

Selamat mencoba, Bunda. Semoga bermanfaat.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading