Sukses

Parenting

Oxytocin Untuk Ibu Menyusui Bayi

Tubuh manusia dikontrol oleh produksi dari hormon oleh kelenjarnya masing-masing. Hormon mengatur banyak hal penting dalam tubuh seorang wanita, terutama pada proses menyusui. Salah satu hormon yang berperan penting dalam proses ibu menyusui bayi adalah oxytocin.

Bila anda merasa nyaman di dekat buah hati anda, itu adalah efek samping dari produksi oxytocin, Moms. Oxytocin diproduksi oleh tubuh ketika anda merasakan kasih sayang. Oxytocin, yang dikenal juga dengan istilah ‘hormon cinta’, membantu seorang wanita membangun ikatan dengan buah hatinya dan juga sebaliknya, dari buah hati ke sang ibu.

Ketika oxytocin diproduksi oleh tubuh, produksi air susu ibu juga akan terus berjalan. Oxytocin juga lah yang memicu posisi air susu untuk siap diberikan dalam proses menyusui dalam tubuh anda, Moms.

Menurut babycenter.com, oxytocin yang katanya juga diproduksi ketika seseorang jatuh cinta, membuat proses menyusui menjadi jauh lebih mudah karena hormon ini mengendalikan langsung bagian-bagian tubuh serta otot yang berfungsi dalam proses menyusui.

Meskipun begitu, oxytocin juga punya efek samping pada tubuh lho, Moms. Menurut beberapa penelitian, produksi oxytocin yang meningkat akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian-bagian tubuh seperti perut dan bagian bawah tubuh, meskipun nyatanya tidak terlalu berbahaya.

Akan tetapi, bila anda merasakan rasa tidak nyaman itu bertambah seiring waktu, melakukan konsultasi pada dokter kandungan anda tentunya adalah alternative yang bisa anda ambil, Moms

Oleh : Mamor Adi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading