Sukses

Parenting

Ibuprofen untuk Mengatasi Bayi Demam

Selain acetaminophen atau yang biasa disebut paracetamol, pemberian obat penurun panas seperti ibuprofen juga umum dilakukan saat bayi demam. Salah satu kelebihan dari obat penurun panas ibuprofen ini adalah efek yang panjang dalam menurunkan panas si kecil yaitu selama enam sampai delapan jam.

Jika bayi Bunda masih berusia di bawah tiga bulan, sebaiknya obat penurun panas yang akan diberikan pada si kecil harus sesuai petunjuk dokter terlebih dahulu. Namun, jika usia si kecil sudah sekitar enam bulan ke atas, Bunda bisa memberikan obat penurun panas sesuai aturan yang tertera pada kemasan produk.

Menurut laman kesehatan pamf.org, demam si kecil yang tak kunjung reda setelah pemberian acetaminophen biasanya akan mulai turun setelah pemberian ibuprofen. Dalam kebanyakan kasus, respon si kecil terhadap ibuprofen biasanya lebih baik daripada respon terhadap acetaminophen. Namun, sekali lagi, Bunda harus memperhatikan dosis pemberian obat sebelum memberikannya pada si kecil.

Sebagi informasi tambahan, sering juga dijumpai produk obat yang mengandung aspirin di pasaran. Untuk orang dewasa, obat ini sering digunakan mengatasi nyeri ataupun pusing yang menyerang.

Selain itu, aspirin juga kerap kali dikonsumsi untuk mengatasi demam. Akan tetapi, penggunaan obat yang mengandung aspirin tidak direkomendasikan pada anak atau bayi yang sedang demam. Obat yang mengandung aspirin tidak cocok digunakan pada bayi untuk menurunkan panas pada tubuh si kecil.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading