Sukses

Parenting

Gejala Hamil Anggur dan Level hCG

Gejala hamil anggur sebenarnya cukup mudah diketahui. Ada beberapa symptom khas molar pregnancy yang bisa langsung mengindikasikan bahwa anda tengah mengalami gejala hamil anggur. Beberapa symptom yang khas tersebut adalah pendarahan yang kerap terjadi di trisemester pertama kehamilan, mual dan muntah, dan nyeri pada area pelvis.

Jika anda mengalami sederet gejala-gejala tersebut di masa awal kehamilan anda, maka bisa jadi anda mengalami gejala hamil anggur. Namun, untuk memastikan bahwa diagnosa anda benar, salah satu cara yang tepat adalah melalui pengetesan level hCG.

hCG atau human Chorionic Gonadotrophin adalah hormon yang dihasilkan oleh tubuh anda saat anda sedang hamil. Pada kehamilan normal, level hormon hCG akan menunjuk pada angka nol. Jika level hormon hCG anda lebih tinggi dari nol, maka bisa dipastikan bahwa anda tengah mengalami hamil anggur.

Selain untuk mengetahui apakah anda mengalami gejala hamil anggur, level hormon hCG juga bisa digunakan untuk mengetahui apakah treatment untuk membuang jaringan molar penyebab hamila anggur berhasil atau tidak.

Seperti dikutip dari situs hmole-chorio.org.uk, setelah dilakukan treatment untuk membuang jaringan molar, level hCg anda akan terus dimonitor. Apabila selama 6 bulan hingga setahun setelah treatment level hCG anda stabil di angka nol, maka itu berarti treatment berhasil. Sebaliknya, level hCG yang masih tinggi setelah treatment akan menjadi pointer untuk tindakan medis lebih jauh.

Oleh: Pravianti 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading