Sukses

Parenting

Bayi Pilek: Pilek dan Flu, Beda Ya? [Part 2]

Banyak orang menyebut flu dengan pilek, dan pilek dengan flu. Apakah mereka sebenarnya berbeda. Lalu apa bedanya bayi pilek dengan bayi flu?

Menurut Webmd.com, pilek dan flu yang biasanya dialami bayi dapat dibedakan dari beberapa ciri. Beberapa cirinya, sudah kita bahas di artikel yang lalu. Bunda masih ingat? Nah, ini dia kelanjutannya!

e. Batuk

Pilek biasanya menyebabkan penderitanya mengalami batuk ringan hingga menengah. Biasanya penderita pilek juga memiliki dahak. Namun pada penderita flu, batuknya kering tidak berdahak dan bisa sangat parah selama 2-3 minggu.

f. Bersin dan hidung tersumbat

Ketika bayi Anda mengalami pilek, dia akan bersin-bersin dan mengalami hidung tersumbat hingga 7 hari. Namun jika dia terkena flu, gejala ini hanya sesekali terjadi.

g. Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan sangat umum dialami oleh anak yang terkena pilek, namun hanya terjadi sesekali pada anak yang flu.

h. Dada sesak

Gejala ini tidak selalu muncul pada bayi pilek. Kalau pun terjadi biasanya hanya ringan saja. Namun sesak di dada sering muncul jika bayi mengalami flu bahkan hingga parah.

i. Muntah dan diare

Gejala muntah dan diare adalah komplikasi dari dehidrasi yang diakibatkan oleh flu. Anak yang mengalami kasus ini karena pilek sangat tidak sedikit.

Nah, itu dia beberapa gejala yang bisa membantu Bunda untuk membedakan flu dan pilek. Semoga bermanfaat ya!

Oleh : Kustin Ayuwuragil D.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading