Sukses

Parenting

Makna Doa Nikah “Arti Sakinah, Mawadah, Warahmah”

Ladies, sebagian besar orang pasti sudah tak asing lagi dengan kata-kata atau bisa juga disebut dengan doa nikah seperti ini “semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah”. Namun ternyata masih ada banyak orang yang belum tahu arti dari sakinah, mawaddah, wa rahmah”.

Bicara mengenai arti Sakinah, Mawadah Warahmah, seperti dijelaskan pada situs voa-islam.com, pengertian umum dari kalimat sakinah, mawadah wa rahmah yakni damai, tenang dan tentram dalam rajut cinta dan kasih sayang nan sejuk dan abadi.Secara historis-filologis, kalimat hasil rangkaian tiga kata utama:Sakiinah artinya tenang dan tentram.Mawaddah artinya cinta, harapan.Warahmah artinya kasih sayang.

Tidak hanya itu, ternyata seperti dilangsir pada situs islamqa.info tiga kata utama tersebut sejatinya merupakan istilah khas Arab-Islam yang dirujuk dari QS. Ar-Rum ayat 21.“Di antara tanda-tanda (kemahaan-Nya) adalah Dia telah menciptakan dari jenismu (manusia) pasangan-pasangan agar kamu memperoleh sakiinah disisinya, dan dijadikannya di antara kamu mawaddah dan rahmah. Sesungguhnya dalam hal yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kemahaan-Nya) bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Rum:21)

Karena itu, kedamaian dan kesejukan berumah tangga akan terbina dengan baik, harmonis serta penuh cinta kasih dan semangat berkorban bagi yang lain. Didalam keluarga Sakinah harus disertai dengan Mawaddah dan rahmah. Dimana Mawaddah diartikan juga dengan cinta, harapan, Rahmah diartikan dengan kasih sayang, sinonimnya adalah kata Mahabbah yang artinya cinta dan kasih sayang. Dalam keluarga harus ditumbuhkan rasa cinta yang membara agar tercipta keluarga yang harmonis, lemah lembut, saling menghargai serta menumbuhkan rasa saling memiliki satu sama lainnya, rela berkorban untuk menafkahi, melindungi, melayani dan saling berbagi dalam suka dan duka.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading