Sukses

Parenting

Anatomi Tubuh Manusia: Perubahan Tubuh Ketika Bunda Hamil (II)

Bunda, di artikel sebelumnya telah disebutkan beberapa perubahan anatomi tubuh manusia yang terjadi ketika Bunda sedang hamil. Selain perut yang semakin membuncit dan berat badan yang bertambah, masih ada beberapa perubahan lainnya yang dilangsir dari laman innerbody.com ini.

Ingatan Bunda akan sedikit terganggu“Pregnancy brain” bukan hanya sebuah mitos belaka yang menyatakan bahwa ibu hamil sering mengalami lupa ingatan sementara. Perubahan hormon ketika Bunda hamil adalah faktor yang membuat Bunda sering mengalami lupa ingatan sementara ini.

Sebuah studi di tahun 2010 menemukan bahwa ibu hamil yang berada pada trimester kedua dan ketiga memiliki hasil tes ingatan yang sangat buruk dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil. Perubahan hormon ketika hamil tersebut juga memengaruhi perubahan mood ketika hamil.

Bunda lebih sering mual dan muntahMual dan muntah merupakan salah satu pertanda kehamilan yang sering terjadi pada 12 minggu awal kehamilan. Sebuah studi menunjukkan bahwa mual dan muntah ini terjadi karena dipicu oleh bau dan rasa yang menyengat.

Hal tersebut sebenarnya adalah sinyal yang dikirim oleh tubuh Anda untuk mencegah Bunda mengonsumsi makanan yang dapat membahayakan janin. Puncak dari mual dan muntah ini ternyata terjadi di sekitar waktu pembentukan dan perkembangan organ vital janin Anda.

Cari tahu info perubahan tubuh Bunda ketika hamil di artikel selanjutnya.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading