Sukses

Parenting

Anatomi Tubuh Manusia: Perubahan Tubuh Ketika Bunda Hamil (I)

Ketika Bunda sedang hamil, terjadi banyak perubahan dalam anatomi tubuh manusia Anda baik yang Anda sadari maupun yang tidak Anda sadari. Apa saja ya perubahan yang terjadi saat Anda sedang mengandung? Yuk mari simak ulasannya berikut ini yang dilangsir dari situs innerbody.com.

Terdapat organ baru dalam tubuh Bunda
Saat sel telur telah dibuahi oleh sel sperma, maka akan terbentuk plasenta yang merupakan organ sementara dalam tubuh seorang wanita. Ketika plasenta sudah terbentuk, maka ia akan membentuk pembatas antara darah Bunda dan darah janin Anda.

Janin akan mendapatkan nutrisi penting serta oksigen dari pembuluh darah kehamilan yang mendapatkannya dari sebuah rongga yang bernama rongga intervillous. Bagian lain dari plasenta adalah organ endokrin yang mengekskresi hormon hCG yang hanya ditemui pada urin ibu hamil.

Tulang Bunda akan lebih mengendur
Bunda pernah merasakan sakit pinggang atau punggung ketika sedang hamil? Atau merasa ukuran sepatu lebih besar daripada ukuran biasanya? Hal tersebut dikarenakan tubuh Bunda mengeluarkan hormon bernama relaxin yang mengendurkan tulang rawan yang menyatukan tiap-tiap tulang.

Hormon relaxin mengendurkan pubic symphysis yang terletak pada tulang kemaluan di depan kandung kemih. Pengenduran tulang ini akan membuat proses persalinan lebih lancar dan mudah. Pengenduran tulang ini pula yang membuat Bunda sering merasakan nyeri punggung dan pinggang.

Simak artikel selanjutnya ya, Ladies.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading