Sukses

Parenting

Jika Seks Membuat Kehamilan Anda Menyakitkan (2)

Sebagaimana kita bahas sebelumnya, rasa sakit yang dialami wanita akibat berhubungan intim dalam kondisi hamil kadang memang menjadi masalah serius. Dalam ulasan sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti rasa cemas menghadapi kehamilan, perubahan bentuk tubuh atau morning sickness yang memang dialami sebagian besar wanita di tahap awal kehamilan.

Selain itu, ternyata ada alasan lain yang menjelaskan kenapa hubungan intim pada fase ini jadi sangat menyakitkan. Sebagaimana dijelaskan pada laman motherhood.modernmom.com, hal ini bisa terjadi karena dinding saluran organ intim mengalami pembengkakan, sehingga penetrasi yang terjadi bisa jadi hal yang menyakitkan. Atas alasan itulah hubungan intim memang harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak menimbulkan luka yang berakibat infeksi.

Infeksi sendiri juga bisa menjadi alasan kenapa hubungan seks pada periode ini terkadang menyakitkan. Mungkin beberapa wanita tidak menyadari bahwa organ intimnya terluka sehingga dipenuhi bibit penyakit. Selain itu, ada kemungkinan rasa sakit itu disebabkan oleh penyakit seksual yang mungkin diderita sang ibu. Dan satu penyebab lain yang perlu diwaspadai adalah kemungkinan adanya komplikasi dalam kandungan.

Memang ada baiknya jika ibu mulai melakukan pemeriksaan rutin ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pemeriksaan rutin ke dokter sendiri bukan hanya berguna untuk melihat perkembangan janin, namun juga sebagai bentuk antisipasi adanya masalah yang mungkin muncul selama hamil.

 

Oleh: Pelangi Permatasari

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading