Sukses

Parenting

Menghitung Primbon Nama Bayi (Part 3)

Untuk Moms yang sedang sibuk mencari nama untuk buah hati tercinta, primbon nama bayi ini kelihatannya bisa menjadi salah satu pertimbangan, nih. Memberi nama buah hati adalah sesuatu yang amat sangat penting mengingat hal itu sebagai tugas perdana Ladies ketika sudah dianugerahi titipan Tuhan yang amat berharga, atau dengan kata lain orang tua baru.

Dalam masyarakat, khususnya masyarakat jawa yang masih menganut sistem kebudayaan nenek moyang, nama merupakan bagian yang sangat penting. Banyak sekali aturan-aturan dan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Misalnya mempertimbangkan neptu, tanggal dan suasana. Nama adalah sesuatu yang bisa dibiang sacral dan harus benar-benar dipikir untuk memilihnya.

Menyuplik dari warsanca.blogspot.com, nama merupakan pusaka seseorang yang kemudian oleh masyarakat jawa disebut sebagai pusakaasma. Penggunaan konsep nama sebagai pusaka merupakan perwujudan nilai luhur nenek moyang sehingga bayi yang akan diberi nama akan mendaptkan perlindungan dari kakek nenek terdahulu.

Selain itu, nama juga digunakan sebagai sarana penyampai doa dan keinginan orang tua terhadap sang jabang bayi di kehidupan kedepan. Menurut yandyndy.blogspot.com, misalnya nama Slamet. Slamet berasal dari Bahasa jawa yang artinya selamat.

Karena dalam dan pentingnya arti sebuah nama, maka dalam memberi nama para orang tua khususnya masyarakat jawa memakai perencanaan-perencaan dan hitungan-hitungan yang matang dan akurat.

Oleh: Pipit Pratiwi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading