Sukses

Parenting

Primbon Nama Bayi Laki-Laki Kawi

Dilansir dari laman namafb.com dengan ditemukannya tulisan Kawi pada Prasasti Sukabumi yang diyakini ditulis pada 25 MAret 804 membuktikan bahwa bahasa Kawi atau bahasa Jawa Kuna awalnya dari Pulau Jawa yang kemudian menyebar sampai ke Madura, Lombok, Bali dan Sumatra. Jadi apa bedanya bahasa Kawi dengan bahasa Jawa? Sekilas keduanya tampak memang sama karena memang sama-sama dari Jawa, yang membedakan adalah bahasa Kawi lebih ditekankan atau lebih banyak pada penggunaan dalam karya sastra oleh para penyair. Dengan bahasa yang berbeda tentu penamaan nama bayi antara keduanya pun berbeda, untuk lebih jelasnya dibawah ini adalah beberapa contoh primbon nama bayi laki-laki Kawi lengkap dengan artinya.

Disalir dari dataterbaru.com Darma adalah nama bayi laki-laki Kawi yang berarti kewajiban, seperti juga Panji yang berarti bendera atau tanda kebesaran, Sentana berarti kaum kerabat raja, Yodha berarti pejuang besar, Mahawira berarti pahlawan besar, Adibrata berarti tingkah laku yang unggul, Argani berarti berani menghadapi bahaya, Batara berarti kewibawaan dewa atau raja, Wirasena berarti kumpulan pemberani dan masih banyak lagi.

Gimana Ladies, berani gak memberikan nama kuna-kuna ini pada bayi laki-laki anda? Semoga anda termasuk dalam orang-orang Jawa yang melestarikan budaya Jawa dengan mengingat leluhur kita melalui sebuah nama bayi laki-laki dari bahasa Jawa Kawi, walaupun memang kuno sih.

Oleh: Yousika Nindiana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading