Sukses

Parenting

Mengenalkan Konsep Seksualitas Pada Anak, Mudah Namun Sulit

Bunda, menjadi orang tua dari anak yang beranjak dewasa memang tidak mudah. Banyak hal yang harus kita kenalkan pada anak. Seperti yang Bunda sudah ketahui, banyak hal yang berbeda ketika seorang anak beranjak dewasa.

Perubahan secara fisik dan psikis terjadi pada anak yang memasuki masa pubertas. Meski demikian, banyak orang tua yang masih kebingungan menentukan kapan waktu yang tepat untuk memberikan pengenalan pendidikan seksual pada anak.

Belum lagi jika sudah menyangkut mengenai efek dari pemberian pendidikan seks. Dilansir dari valuesparenting.com, usia yang tepat untuk seorang anak mendapatkan pengenalan tentang seks adalah pada usia delapan tahun.

Wajar jika Bunda atau Ayah merasa kesulitan mengenalkan seks pada anak. Rasa malu dari orang tua yang tidak terbiasa membicarakan hal ini dan kurangnya perencanaan dan persiapan biasanya membuat orang tua merasa tidak nyaman dalam memberikan pengenalan seks.

Pengaruh media baik cetak maupun elektronik memang sangat besar terhadap perkembangan pengetahuan anak mengenai seks. Tapi Bunda, hal ini tidak berarti orang tua tidak bisa mengarahkan anak. Pemberian batasan dan contoh-contoh yang baik sejak dini akan membuat anak mampu untuk mengontrol dirinya sendiri.

Jika Bunda merupakan seorang orang tua tunggal, memang mudah-mudah sulit untuk mengajarkan seks pada anak. Akan sedikit sulit jika anda harus menjelaskan seks pada anak tanpa adanya dukungan dari pasangan.

Saat memberikan pendidikan seks, hal yang harus dipastikan oleh Bunda adalah penyampaian materinya harus positif, keadaannya menyenangkan, dan berhubungan dengan pernikahan yang mengarah pada rasa saling mencintai dan komitmen dalam hidup.

Tidak ada kata terlambat dalam memberikan pengenalan seks pada anak. Pengenalan seks yang benar akan membangun anak menjadi seorang yang mampu bertanggung jawab atas dirinya dan orang-orang di sekitarnya.

 

Oleh: Aulia

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading