Sukses

Parenting

Tips Perawatan Operasi Caesar: While in Hospital

Bunda, periode postparium, atau masa setelah Anda melahirkan sang buah hati, menuntut Anda untuk banyak beristirahat dan bukan banyak melakukan aktivitas rumah tangga. Terlebih, jika Bunda melahirkan melalui operasi dan memerlukan perawatan operasi caesar untuk memulihkan kondisi fisik Bunda sendiri.

Yang perlu Anda sadari betul, butuh waktu lumayan lama bagi Moms yang menjalani operasi caesar untuk memulihkan kondisi fisik Anda seperti sedia kala.

Oleh sebab itu, meskipun dokter dan tenaga medis lainnya menyarankan Anda banyak beristirahat dan mengurangi aktivitas, hal ini bukan berarti Moms hanya tidur-tidur melulu ya.

Perawatan operasi caesar telah dimulai sebelum Anda meninggalkan rumah sakit. Dan seperti dikutipkan dari laman americanpregnancy.org, beberapa hal yang bisa Moms lakukan adalah sebagai berikut:

- Anda belajar bangun dan berjalan sendiri ke kamar mandi. Latihan ini dapat membantu merangsang dan mempercepat proses penyembuhan Anda. Tapi, hati-hati dan bergeraknya pelan-pelan saja ya.

- Buang air kecil tanpa menggunakan pipa catheter. Anda juga dapat meminta bantuan saat Anda kesulitan untuk ke kamar mandi, misalnya pada perawat dan atau anggota keluarga yang menemani Anda di sana.

- Buka staples jahitan sebelum meninggalkan rumah sakit

- Segera konsultasi dengan ahli kesehatan atau dokter berwenang jika Anda masih merasakan sakit setelah melakukan operasi caesar. Jangan lupa konsultasikan beragam kemungkinan pengobatan jika Moms memang berkenan dan atau memerlukannya. Yang perlu diperhatikan adalah jangansampai konsumsi obat-obatan Anda membahayakan bayi terutama jika Moms menyusui.

- Gunakan extra-absorbent menstrual pads. Ini perlu karena 6 minggu ke depan, uterus Anda akan mengalami pendarahan layaknya Moms dalam masa menstruasi

- Menghindari penggunaan kursi roda. Luka jahitan operasi caesar memang sakit dan nyeri. Tapi bukan berarti Moms tidak bisa mengatasinya. Banyaklah berlatih berjalan pelan di sekitar kamar dan atau koridor rumah sakit lebih efektif membantu pemulihan Anda pasca operasi caesar.

 

Oleh: Rizana

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading