Sukses

Parenting

Yuk Jaga Kesehatan Mata Buah Hati!

Indera penglihatan adalah salah satu organ penting yang wajib dijaga kesehatannya. Nah, untuk itu, wajib hukumnya bagi ladies untuk menjaga kesehatan mata buah hati anda sejak dini.

Apa saja yang bisa anda lakukan untuk membuat kesehatan mata buah hati anda tetap terjaga? Berikut ini beberapa tipsnya dari laman webmd.com.

Pertama, kesehatan mata buah hati anda bisa dipersiapkan sejak dini dengan makan makanan yang bergizi saat anda masih mengandung. Terutama saat hamil, rajinlah untuk mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan ikan. Dalam seminggu, usahakan untuk mengkonsumsi sebanyak 12 ons ikan. Mengapa ikan? Sebab ikan kaya akan kandungan zat antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, zink, omega 3, dan lutein yang sangat penting dalam memelihara kesehatan mata.

Kedua, ketika buah hati masih berusia bayi, letakkan mainan yang digantung di atas tempat tidur bayi. Indera penglihatan buah hati akan “berlatih” sejak dini dengan melihat mainan yang berputar tersebut.

Dan ketika masih berusia bayi tersebut, pastikan bahwa mata si kecil mengikuti benda yang anda gerakkan. Jika anda melihat hal tersebut tidak terjadi, segera konsultasikan kepada dokter.

Sedangkan ketika buah hati anda sudah mulai bisa memegang, sering-seringlah memberikan baby toys kepadanya. Hal ini bermanfaat untuk melatih si kecil memegang sekaligus indera penglihatannya.

Hal lain yang juga bisa membuat indera penglihatan si kecil berkualitas baik adalah merangkak. Ajarkan mereka untuk berada dalam fase tersebut sebelum memasuki masa berjalan. Paslanya, merangkak terbukti mampu meningkatkan koordinasi tangan dan mata anak.

Ketika buah hati anda sudah mulai memasuki masa balita, hati-hatilah dalam memberikan mainan anak. Pastikan bahwa mainan yang ladies berikan kepada mereka adalah mainan yang aman dan tidak memiliki ujung yang lancip yang bisa melukai matanya.

Yang tidak kalah pentingnya, ladies juga harus aktif dalam memperhatikan buah hati anda, terutama jika terdapat hal yang tidak beres dengan buah hati, misalnya jika terdapat bercak putih pada pupil maupun tanda-tanda si kecil mengalami crossed eyes.

Dalam memilih mainan untuk si kecil, berikan mainan yang mampu merangsang skill mata dan organ lainnya. Misalnya, puzzle, clay, blocks, maupun peralatan menggambar.

Next, selalu pakaikan kacamata hitam kepada buah hati ketika mereka keluar rumah untuk melindungi mata mereka dari debu dan silaunya sinar matahari.

Terakhir, jadwalkan waktu khusus untuk pergi ke dokter bersama buah hati untuk memeriksa kondisi kesehatan matanya secara rutin.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading