Sukses

Parenting

Mengapa Perlu Playgroup?

Orangtua yang baik memang akan penuh dengan pertimbangan matang sebelum memutuskan sesuatu untuk buah hati tercintanya. Nah Bunda, tentang memasukkan anak ke playgroup pun mungkin akan dipertimbangkan secara dalam oleh orangtua karena mungkin beberapa orangtua akan beranggapan playgroup tak terlalu penting karena beberapa tahun kemudian pun anak mulai masuk TK.

Sedangkan beberapa yang lainnya masih berasa bahwa memasukkan anak ke playgroup penting dan bermanfaat dengan berbagai pertimbangan. Nah Bunda, berikut ada saliran dari laman Raisingchildren.net.au yang akan menyampaikan tentang manfaat yang akan diperoleh oleh anak dan sekaligus orangtua yang didapat dari memasukkan anak ke playgroup. Simak ya, Bun.

Bunda, di playgroup setiap anak akan merasakan rasa bahagianya bisa bermain dengan teman sebaya yang melimpah. Mereka tak lagi hanya melihat orang dewasa di sekitarnya, namun juga anak lain yang dari segi fisik dan mentalnya tak jauh berbeda, sehingga mereka akan lebih leluasa mengekspresikan diri.

Di dalam playgroup yang telah dilengkapi dengan berbagai kegiatan pun bisa menumbuhkan perasaan senang karena anak bisa mendapatkan pengalaman tentang kesenian dan permainan yang mungkin tak ada di rumahnya. Mereka akan diajari menari, menyanyi, melukis, mewarnai, mengukir, serta bermain beberap jenis permainan papan.

Dari berbagai kegiatan tersebut, anak Anda mungkin akan mulai menemukan ketertarikannya. Contohnya, mereka akan menyadari bahwa mereka bisa cepat mempelajari tarian tertentu atau bisa melukis dengan sangat menarik. Bukankah akan menyenangkan ketika anak Anda bisa semakin kreatif dan terlatih dalam banyak hal dan akhirnya berkesempatan mengembangkan keahlian sejak dini?

Karena interaksinya dengan orang lain, anak di playgroup juga akan mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang alam sekitar serta orang lain. Di sana, mereka akan tahu bahwa ada dari beberapa temannya yang ternyata mudah menangis, mudah marah, pemalu, atau pemberani. Dengan begitu, karakter personalnya akan lebih jelas terbentuk, Bun.

Selain berbagai keahlian dan keterampilan, anak-anak di playgroup juga akan dikenalkan pada kegiatan membaca atau dengan buku-buku bacaaan. Bahkan di beberapa playgroup anak juga akan dikenalkan pada alat musik dan memberikan kesempatan pada mereka untuk memainkannya.

Dan yang terakhir, dengan berinteraksi dengan orang lain, mereka mungkin akan mengalami masalah tertentu. Namun, di saat yang sama mereka akan mulai terbiasa untuk mencari solusi bagi masalah yang menimpanya. Dan dengan cara itu Bun, anak Anda akan perlahan menjadi anak yang mandiri.

Dari beberapa manfaat yang bisa diperoleh oleh playgroup, banyak keuntungan pula yang akan diperoleh oleh orangtua, khususnya dalam mempersiapkan pendidikan lanjutan bagi anaknya.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading