Sukses

Parenting

Bagaimana Membersihkan Tubuh Si Kecil yang Baru Lahir?

Si kecil yang baru lahir tidak perlu dimandikan. Terutama sampai luka tali pusar bayi di perutnya kering dan sembuh. Toh, buah hati anda tidak melakukan banyak aktivitas yang membuat tubuh mereka kotor dan berkeringat, kan?

Jika tidak mandi, so bagaimana cara yang tepat membersihkan tubuh buah hati yang baru lahir? Anda cukup membersihkan tubuhnya dengan memakai lap atau handuk kecil yang telah dibasahi dengan air hangat. Bersihkan seluruh permukaan tubuh si kecil dengan handuk basah tersebut—termasuk wajahnya, lalu keringkan dengan memakai handuk kering yang bersih.

Sedangkan untuk kepala bayi, ladies boleh sesekali mencuci kepala bayi anda untuk menjaga kebersihannya. Pasalnya, kepala bayi seringkali kotor karena kulit kepalanya yang mengelupas. Seperti dikutip dari laman babycenter.com, kulit kepala bayi yang mengelupas ini disebabkan oleh produksi minyak yang berlebihan di kulit kepalanya.

Ketika mencuci kepala buah hati anda, pastikan bahwa ladies memakai shampo bayi yang formulany disesuaikan dengan kondisi kepala bayi. Jangan sekali-kali memakai shampo orang dewasa karena bisa membuat kulit kepala bayi anda mengalami iritasi.

Saat mencuci kepala buah hati, terlebih dahulu bersihkan kepala bayi dari kotoran kulit kepalanya dengan memakai kain lap yang sudah dibasahi air hangat. Selanjutnya, barulah tuangkan shampo bayi secukupnya. Ketika mencuci kepala buah hati anda, pastikan bahwa ladies juga memijat kepala bayi anda pelan-pelan dengan memakai jari-jari anda.

Selain mencuci kulit kepala bayi, jenis perawatan kebersihan lain yang juga penting untuk si kecil adalah memotong kuku kaki dan tangannya. Hal ini penting mengingat bayi bisa melukai muka dan bagian tubuh lainnya dengan kukunya yang panjang.

Untuk memudahkan anda dalam memotong kuku buah hati, lakukan saat mereka tidur atau saat menyusui mereka. Dalam dua kondisi ini, bayi cenderung tenang dan tidak banyak bergerak sehingga mudah bagi anda untuk memotong kuku mereka.

Sedangkan untuk urusan kebersihan luka bekastali pusar yang dipotong di area perut bayi, ladies tidak perlu melakukan banyak hal. Anda tidak perlu membersihkan luka tersebut dengan alkohol atau air; cukup biarkan saja dan pastikan bahwa luka tersebut tidak terhalangi oleh popok atau baju yang dipakai oleh si kecil.

Dengan cara ini, luka pada perut si kecil akan mengering dan sembuh dengan lebih cepat. Setelah lukanya benar-benar sembuh, maka barulah ladies boleh memandikan buah hati anda.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading