Sukses

Parenting

5 Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak

Bunda, Anda pasti pernah mengalami malam yang melelahkan karena si kecil rewel tidak bisa tidur atau tiba-tiba terbangun di tengah malam karena suara si kecil yang menangis. Gangguan tidur tidak hanya dapat terjadi pada orang dewasa saja, tapi juga dapat terjadi pada bayi dan balita.

Masalah sulit tidur ini bisa diakibatkan oleh suasana kamar yang kurang nyaman, tidak enak badan, suara berisik, popok yang basah, perut yang lapar, atau hal-hal lainnya. Nah, kalau sudah begini Bunda pasti dibuat bingung untuk dapat menenangkan si kecil.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi masalah sulit tidur pada bayi tersebut? Yuk simak 5 tips agar bayi dapat mudah tidur dan tidur dengan nyenyak berikut ini seperti yang dikutip dari situs parenting.com.

Perhatikan tanda-tanda bayi mengantuk
Setiap bayi pasti menunjukkan tanda-tanda tersendiri saat mereka sedang mengantuk. Nah, tugas Bunda adalah memerhatikan tanda-tanda tersebut dan segera mengajak si kecil tidur saat ia sudah mulai mengantuk. Si kecil bisa saja menguap, mengucek mata, marah, rewel, atau menangis saat mereka sudah mengantuk dan siap untuk tidur.

Bersuara
Saat bayi lahir, mereka akan familiar dengan suara ayah dan bundanya. Sehingga mendengarkan suara ayah atau bunda sebelum tidur bisa membuat si kecil merasa nyaman dan aman mengetahui bahwa orang tua mereka ada di dekat mereka. Bunda bisa membacakan cerita, menyanyikan nina bobo, atau berbicara pada buah hati Anda sebelum tidur.

Berikan suara menenangkan
Beberapa bayi akan lebih tenang saat tidur jika mereka mendengarkan suara-suara lembut yang menenangkan seperti suara kipas angin, suara detak jantung Anda, atau suara perut Bunda yang lapar. Jadi, ketahui apakah bayi Anda suka dengan suasana yang tenang atau ada sedikit suara saat ia sedang tidur.

Berikan pelukan dan ciuman sebelum tidur
Saat Bunda memeluk dan mencium buah hati Anda sebelum tidur, ia akan merasa lebih tenang, aman, dan dicintai sehingga ia lebih mudah tidur dan tidur lebih nyenyak. Maka dari itu, jangan ragu untuk memeluk dan mencium buah hati Anda sebelum ia tidur agar ia dapat mudah terlelap dan tidur lebih nyenyak.

Menyanyikan nina bobo
Lagu apapun yang Anda nyanyikan untuk si kecil sebelum tidur akan membantunya untuk menjadi lebih tenang sehingga ia pun akan lebih mudah terlelap. Menyanyi juga dapat mengurangi stres pada Bunda sehingga Anda bisa merasa lebih rileks di malam hari. Jadi, jangan ragu untuk menyanyikan nina bobo pada buah hati Anda sebelum tidur.

Selamat mencoba tips di atas.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading