Sukses

Parenting

Meningkatkan Kecerdasan Pada Anak

Orang tua mana yang tidak bangga memiliki anak-anak yang cerdas? Bunda sebagai orang tua pasti ingin mengasuh dan mendidik anak dengan baik sehingga tumbuh memiliki kemampuan dan kecerdasan yang baik.

Nah, beberapa kegiatan sehari-hari yang Bunda lakukan pada buah hati Anda bisa membantunya meningkatkan kecerdasannya. Dilangsir dari situs babycenter.com, berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan kecerdasan pada anak.

Berikan ruangan untuk berkreasi
Untuk meningkatkan kreativitas pada anak, Bunda bisa menyediakan lingkungan yang bisa mendukungnya untuk berkreasi. Tidak perlu menggunakan mainan yang mahal untuk membuatnya kreatif, cukup dengan kertas dan pensil warna Bunda bisa mengajaknya untuk berkreasi.

Berikan waktu dan ruangan yang mendukung anak untuk dapat berkreasi. Siapkan sebuah ruangan di dalam rumah yang khusus untuk tempat bermain si kecil. Di ruangan tersebut Bunda bisa menempelkan gambar-gambar dan dekorasi agar si kecil dapat berimajinasi.

Anda juga dapat menyiapkan pos-pos khusus untuk tiap bentuk kreativitas. Misalnya pos untuk bermain musik dengan alat-alat musik, pos untuk menggambar, dan pos untuk mainan konstruksi. Dengan demikian, buah hati Anda dapat meningkatkan kreativitasnya di segala bidang.

Berikan pujian atas usahanya
Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang dipuji atas usaha dan bukan kepintarannya akan lebih bekerja keras dan berprestasi di sekolahnya. Maka dari itu, katakan “Wow, kamu pasti sudah bekerja dengan sangat keras.” dan bukan “Wah, anak Bunda pintar sekali.”

Tujuan dari hal tersebut adalah agar anak-anak lebih fokus pada usaha dan kerja keras daripada hasil akhir. Anak-anak pun akan berpikir bahwa sukses hanya akan didapat dari kerja keras bukan hanya dengan kepandaian semata.

Anak-anak yang dipuji atas usahanya akan tumbuh dengan growth mindset sedangkan anak-anak yang selalu dipuji karena kepandaiannya akan tumbuh dengan fixed mindset. Anak-anak yang memiliki growth mindset akan lebih tenang dalam menghadapi kegagalan.

Menunjuk pada suatu objek
Pada sekitar usia 9 bulan, buah hati Anda akan mulai belajar untuk mencari tahu apa yang Anda tunjuk. Penelitian menunjukkan bahwa jika Bunda menunjuk suatu benda dan mendeskripsikan benda tersebut, maka anak Anda akan belajar memahami apa yang Anda maksud.

Dengan interaksi seperti ini, anak-anak akan mengembangkan kemampuan untuk berkomunikasi tentang sesuatu dengan orang lain selain Anda. Saat kemampuan tersebut berkembang dengan lebih baik, maka anak-anak akan lebih pandai dalam berkomunikasi.

Bunda bisa menunjuk pada mobil, lalu bercerita tentang benda apa tersebut, apa kegunaannya, dan informasi lainnya. Dengan demikian, buah hati Anda akan mengembangkan kemampuan sosial, kognitif, dan bahasa dengan lebih baik.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading