Sukses

Parenting

7 Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Untuk Menunjang Tumbuh Kembangnya

Fimela.com, Jakarta Anak-anak harus mendapat asupan nutrisi cukup setiap harinya. Mencukupi kebutuhan nutrisi anak akan membantu tumbuh kembangnya jadi lebih baik dan mengesankan. Anak-anak yang tercukupi kebutuhan nutrisinya juga akan lebih cerdas dan tahan berbagai masalah kesehatan saat ia dewasa kelak.

Berbicara mengenai kebutuhan nutrisi anak, melansir dari laman babycenter.com, ada banyak nutrisi penting yang dibutuhkan setiap anak. Nutrisi tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Kalsium

Kalsium adalah nutrisi yang sangat penting. Kalsium akan membantu anak memiliki tulang, gigi dan otot juga syaraf tubuh yang kuat. Adapun makanan yang mengandung kalsium antaranya susu, keju, kacang kedelai, bayam dan brokoli.

2. Asam Lemak Esensial

Contoh asam lemak esensial adalah omega 3. Nutrisi ini membantu tubuh menguatkan sistem kardiovaskular, meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga mencerdaskan otak. Makanan yang kaya akan asam lemak esensial antara lain adalah ikan laut, buah alpukat, minyak wijen dan ikan salmon atau tuna.

5 Nutrisi Lainnya

3. Zat Besi

Nutrisi yang sangat dibutuhkan selanjutnya ada zat besi. Ini berperan dalam mengangkut oksigen dalam darah dan mencegah anak dari risiko anemia. Makanan yang kaya akan zat besi antara lain adalah daging merah, kuning telur dan bayam.

4. Magnesium

Magenesium berperan besar dalam meningkatkan kekuatan tulang. Magnesium juga bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga fungsi otot si kecil. Adapun makanan yang kaya magnesium antara lain sayuran hijau, biji bunga matahari, buah alpukat dan kacang-kacangan.

5. Kalium

Untuk nutrisi selanjutnya ada kalium. Kalium bermanfaat mengontrol keseimbangan air dalam tubuh dan menjaga tekanan darah. Makanan yang kaya akan kalium antara lain buah pepaya, kurma, kentang, pisang hingga melon.

6. Vitamin

Nutrisi selanjutnya ada vitamin. Vitamin sendiri meliputi vitamin A, B, C, D, E dan K. Berbagai macam makanan dan sayuran umumnya mengandung berbagai vitamin. Daging dan ikan juga kaya akan vitamin di dalamnya. Untuk vitamin D sendiri, kita bisa mendapatkannya dari sinar matahari pagi sebelum pukul jam 8 pagi.

7. Zicn

Nutrisi bernama zinc ini juga sangat dibutuhkan anak-anak. Zicn membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Makanan yang mengandung zinc antara lain adalah cokelat hitam, daging merah dan kepiting.

Itulah beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan anak demi menunjang tumbuh kembangnya. Selain nutrisi di atas, nutrisi lain yang tak boleh dilewatkan adalah protein, lemak, karbohidrat juga serat. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk mencukupi nutrisi buah hati maupun diri sendiri di rumah ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading