Sukses

Parenting

Benarkah Minum Soda Bisa Lancarkan Haid?

Fimela.com, Jakarta Setiap bulan perempuan akan menghadapi menstruasi. Ada yang menstruasinya berjalan lancar setiap bulannya, namun tak sedikit yang bermasalah dengan haid yang tidak lancar. Haid yang tak lancar ini akan membuat setiap perempuan merasa tersiksa untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Pernahkah mendengar soal mitos bahwa minum soda saat datang bulan dipercaya mampu memperlancar haid. Benarkah demikian adanya?

 

Berdasarkan penelitian ternyata tidak ada hubungan sama sekali minuman bersoda dengan hormon dan faktor psikis lainnya. Menstruasi yang tidak lancar diakibatkan adanya faktor internal yaitu hormon yang bertugas mengatur siklus menstruasi tidak seimbang. Menstruasi yang tak lancar ini biasanya dipengaruhi oleh keadaan stress dan perubahan berat badan.

Selain itu sebenarnya kandungan dalam minuman bersoda yang berlebihan dapat menimbulkan luka pada usus, berisiko pada berat badan dan gangguan menstruasi itu sendiri. Minuman bersoda berkarbonat ternyata juga memiliki kandungan kafein dan pemanis buatan (aspartame). Kadar kafein yang terkandung memang tidak sebanyak kopi.

Nah, ini menjawab pertanyaan bahwa soda tidak ada hubungannya dengan melancarkan menstruasi.

Loading
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Celana Olahraga yang Nyaman Saat Menstruasi
Artikel Selanjutnya
Cara Atlet Olimpiade Perempuan Mengatur Menstruasi saat Bertanding