Sukses

Parenting

3 Cara Bisa Cepat Membangunkan Anak dari Tidur

Fimela.com, Jakarta Ketika anak sudah tidur, kadang sulit untuk membuatnya bangun. Belum lagi dengan sikapnya yang jadi rewel saat dibangunkan. Orangtua bisa cukup stres dan kelabakan kalau si kecil tak cepat bangun padahal waktu sudah mepet.

Agar bisa cepat membangunkan anak dari tidur ada sejumlah cara yang bisa kita lakukan. Dilansir dari bestofparenting.com, ada tiga cara yang cukup efektif untuk membangunkan anak dari tidur. Selengkapnya, langsung kita ikuti infonya di sini.

1. Tunjukkan Empati

Daripada langsung teriak, "Cepat bangun!" coba ganti dengan kalimat yang menunjukkan empati. Misalnya, "Kamu pasti masih capek, ya. Memang rasanya masih ngantuk banget, tapi kita harus bangun sekarang biar tidak terlambat ke sekolah. Nanti sepulang sekolah bisa tidur siang, oke?" Memang kita harus sangat sabar di sini. Tapi cara ini bisa lebih efektif daripada sekadar meneriaki anak untuk segera bangun.

2. Beri Pilihan

"Mau bangun sekarang, apa lima menit lagi?"

"Nanti mau sarapan dengan masih pakai piyama atau pakai baju bagus?"

Memberi pilihan bisa membantu anak untuk lebih siap menyambut hari. Di sini kita juga bisa membuat anak merasa memiliki tanggung jawab sehingga dia bisa segera bangun.

3. Buat Peraturan

Diskusikan dan buat peraturan dengan anak dari awal. Sebagai contoh, "Kalau sekarang bisa bangun lebih pagi, nanti tidur malam bisa lebih awal," atau, "Bangun tidur pukul 6.00 biar nanti bisa berangkat sekolah tepat waktu pukul 7.30." Dengan memberi peraturan ini kita juga membantu anak memahami situasi yang ada. Sehingga anak bisa merasa punya alasan penting untuk bangun lebih pagi.

Kita juga perlu memberi contoh langsung pada anak. Akan sulit memaksa anak untuk bangun pagi bila kita sendiri sebagai orangtuanya malah punya kebiasaan sering bangun kesiangan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading