Sukses

Parenting

Berat Badan Naik Saat Haid, Normal atau Tidak?

Fimela.com, Jakarta Saat akan menstruasi ada beberapa perubahan yang dialami oleh perempuan. Selain payudara yang tiba-tiba jadi kaku dan besar, berat badan pun jadi bertambah. Nah, mengapa hal ini bisa terjadi Sahabat Fimela?

Menurut penelitian, berat badan perempuan memang cenderung naik dalam periode lima hari sebelum haid. Tapi setelah itu berat badan akan kembali normal. Kenaikan berat badan ini pun cukup lumayan, biasanya sebelum haid berat badan bisa naik dalam kisaran 0,4 - 4,5 kg. Banyak perempuan yang mengalami kenaikan berat badan sebanyak 2 kg jelang haid.

Kondisi ini ternyata disebabkan oleh hormon progesteron yang turun. Saat hormon ini turun, setiap sel di tubuh akan menahan air ekstra mikroskopis, inilah juga yang ternyata menyebabkan kembung pada perut. Selain itu tubuh pun bakal terasa lebih besar dan berat menjelang menstruasi.

Agar kenaikan tidak terlalu drastis ada baiknya menghindari konsumsi makanan berlemak dan yang mengandung terlalu banyak garam saat akan haid. Saat menjelang menstruasi perbanyak saja konsumsi air untuk mencegah retensi air.

Biasanya setelah haid berat badan akan kembali normal, tapi jika tidak maka ada yang salah dengan pola makanmu Sahabat Fimela. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

PLAYLIST VIDEO 5 AGUSTUS 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Celana Olahraga yang Nyaman Saat Menstruasi
Artikel Selanjutnya
Cara Atlet Olimpiade Perempuan Mengatur Menstruasi saat Bertanding