Sukses

Parenting

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil Penderita Diabetes

Fimela.com, Jakarta Perempuan hamil penderita diabetes sangat bisa untuk memiliki bayi yang sehat asalkan bisa menjaga kadar gula darah tetap terkontrol. Jika kadar gula darah ibu meningkat, terlalu banyak glukosa dapat masuk dalam darah bayi, mengakibatkan bayi kelebihan berat badan atau sangat besar.

Karena itu ibu wajib menjaga asupan makanan yang masuk. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dihindari agar tidak terjadi lonjakan glukosa dalam darah.

Hindari makanan manis, terutama makanan olahan seperti kue, permen, puding, biskuit, soda, dan jus buah dengan tambahan gula. Hindari makanan bertepung juga yang tinggi karbohidrat, karena dapat berdampak lebih besar pada gula darah. Makanan olahan, makanan cepat saji dan alkohol juga harus dihindari oleh ibu hamil penderita diabetes.

Selain membatasi beberapa jenis makanan, ibu hamil sebaiknya selalu memonitor kesehatan. Berkonsultasilah secara rutin dengan dokter, terutama jika penderita sudah menggunakan insulin.

Kadar gula darah yang tinggi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi mengalami hipoglikemia pasca persalinan. Bayi mungkin juga berisiko lebih tinggi mengalami masalah pernapasan jika kadar gula darah tidak terkendali. Risiko kelahiran prematur dan penyakit kuning juga tidak bisa dikesampingkan pada bayi. Ini juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti jantung yang buruk berfungsi pada bayi. Keguguran atau lahir mati juga bisa terjadi. Karena itu sebaiknya ibu selalu memeriksakan kondisi kehamilan secara teratur.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ibu Minum Es saat Hamil, Bayi akan Terlahir Gemuk?
Artikel Selanjutnya
Inspirasi Siluet Kebaya yang Tepat untuk Ibu Hamil Ala Selvi Ananda