Sukses

Parenting

Mengenal Gejala Demam Berdarah Dengure (DBD) Pada Anak

Fimela.com, Jakarta Penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang ditakuti semua orang. Mengenai kasus demam berdarah dengue (DBD), Indonesia bahkan menjadi salah satu negara dengan kasus DBD terbanyak di kawasan Asia Tenggara.

Di musim penghujan seperti sekarang ini, kasus demam berdarah bisa meningkat berkali-kali lipat. Yang menyedihkan anak-anak sangat rentan terhadap penyakit ini. Untuk mencegah buah hati terserang demam berdarah, pastikan untuk mengenal gejala demam berdarah sedini mungkin. Inilah beberapa gejala demam berdarah pada anak yang harus diwaspadai.

Demam

Anak mengalami demam tinggi mencapai 40 derajat celcius bahkan lebih. Demam ini juga bisa berlangsung selama 1 sampai 7 hari. Setelah demam naik secara drastis, demam juga bisa turun secara drastis. Setelah demam turun, demam akan kembali naik. Jika mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya anak segera dibawa ke rumah sakit atau menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Ruam dan Bintik-bintik Merah

Gejala dari risiko demam berdarah selanjutnya adalah adanya ruam dan bintik-bintik merah di kulit tubuh anak. Semakin parah risiko demam yang menyerang, semakin banyak ruam atau bintik-bintik merah yang muncul.

Nyeri di Beberapa Bagian Tubuh

Nyeri pada otot, tulang, belakang mata dan area tubuh lainnya juga bisa sebagai tanda gejala demam berdarah. Nyeri ini biasanya dirasakan selama tubuh demam.

Pusing, Nasfu Makan Menurun

Anak yang terserang demam berdarah juga akan merasakan pusing. Mereka juga akan kehilangan nafsu makan, kelelahan berlebih dan tidak fokus.

Mimisan Hingga Pendarahan

Anak yang terserang demam berdarah dan sudah berada di kondisi parah, ini bisa membuatnya mimisan hingga mengalami pendarahan ringan di sejumlah tubuh seperti gusi. Demam berdarah yang telah parah akan membuat pendarahan yang semakin parah di telinga, mulut bahkan mata.

Itulah beberapa gejala demam berdarah pada anak yang perlu diwaspadai. Tak hanya pada anak, demam berdarah juga bisa menyerang orang dewasa bahkan orang tua. Semoga infiormasi ini bermanfaat.

;
Loading